Pages

Rabu, 19 Desember 2012

Manajemen Kepemimpinan


Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Seorang ketua belum tentu mampu menjadi seorang Pemimpin namun seorang Pemimpin sudah pasti dapat menjadi ketua dari apa yang dia pimpin. Sementara itu, pemimpin yang baik biasanya memilki manajemen hidup yang bagus, baik dalam hal organisasi, prestasi dan kehidupannya. Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur (Wikipedia Indonesia).
Seorang pemimpin memiliki karakter yang umumnya sangat melekat seperti kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Karakter tersebut dimiliki oleh pemimpin yang baik, seperti Ir.Soekarno dan Moch.Hatta. Mereka adalah tokoh yang mampu menggerakan Negara Indonesia dari keterpurukan menjadi merdeka. Berikut merupakan jenis dan gaya kepemimpinan :
1.      Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian
Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.
2.      Gaya Kepemimpinan Demokratis / Democratic
Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.
3.      Gaya Kepemimpinan Bebas / Laissez Faire
Pemimpin jenis ini hanya terlibat delam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.
Selain itu, pemimpin juga harus memiliki sikap yang berkarakter seperti :
1.      Jujur terhadap diri sendiri dan orang lain. Jujur dengan kekuatan diri dan kelemahan dan usaha untuk memperbaikinya.
2.      Pemimipin harusnya berempati terhadap bawahannya secara tulus.
3.       Memiliki rasa ingin tahu dan dapat didekati sehingga orang lain merasa aman dalam menyampaikan umpan balik dan gagasan-gagasan baru secara jujur, lugas dan penuh rasa hormat kepada pemimpinnya.
4.      Bersikap transparan dan mampu menghormati pesaing dan belajar dari mereka dalam situasi kepemimpinan ataupun kondisi bisnis pada umumnya.
5.      Memiliki kecerdasan, cermat dan tangguh sehingga mampu bekerja secara professional keilmuan dalam jabatannya.
6.      Memiliki rasa kehormatan diri dan berdisiplin pribadi, sehingga mampu dan mempunyai rasa tanggungjawab pribadi atas perilaku pribadinya.
7.       Memiliki kemampuan berkomunikasi, semangat " team work ", kreatif, percaya diri, inovatif dan mobilitas.
Selain memiliki gaya kepemimpinan dan berkarakter, seorang pemimpin juga harus mampu memanajemen dirinya sendiri maupun kelompok yang ia pimpin dengan baik, sehingga terciptalah sebuah kesatuan organisasi yang hebat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

my_twitt

Blogroll

About

translator